MASALAH SOSIAL MASYARAKAT NELAYAN


   Menurut hasil dokumen kelompok kami 
mengenai masalah sosial masyarakat nelayan, yang paling menonjol sebagai berikut : cuaca buruk, mesin rusak, ombak besar, harga ikan yang tidak stabil, tidak adanya bantuan pemerintah, dan masih rendahnya sumber daya manusia. Dengan demikian masalah yang dihadapi oleh masyarakat nelayan akan kami deskripsikan lebih lanjut. 

   Keadaan cuaca merupakan hal yang penting dalam mencari ikan, karena jika cuaca buruk maka para nelayan tidak akan mencari ikan di laut. Dengan kondisi yang buruk akan membahayakan para nelayan dalam mencari ikan. Masalah selanjutnya adalah mesin yang rusak, jika mesin rusak akan mengakibatkan para nelayan tidak bisa mencari ikan di laut. 
Selanjutnya adalah ombak besar, ombak besar bisa mengakibatkan hilangnya nyawa. Dikarenakan saat para nelayan akan mencari ikan di laut ketika terjadi omabak besar maka bisa saja para nelayan jatuh ke laut. Selanjutnya adalah harga ikan yang tidak stabil, adanya harga ikan yang tidak stabil sehingga dapat merugikan para nelayan. Selanjutnya tidak adanya bantuan dari pemerintah, membuat para nelayan masih kekurangan dana dalam mencari ikan dan untuk membeli alat-alatnya. Selanjutnya, masih rendahnya sumber daya alam sehingga membuat para nelayan mencari ikan masih dengan alat tradisional, sehingga para nelayan mendapatkan ikannya tidak terlalu banyak.

    Adapun sebab cuaca buruk itu hujan deras, angin kencang dan gelombang laut tinggi. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa sistem cuaca diatmosfer kita akhir-akhir ini disebabkan oleh gangguan tropis. Adapun sebab mesin rusak yaitu terjadi pada sistem, sebagian besar akibat yang terjadi pada kawasan material Karena kelelahan material dan sistem poros. Sistem pelumasan dengan air laut menambah semakin cepat terjadinya kerusakan komponen sistem poros karena sifat laut yang korosif. Sebab terjadinya ombak besar adalah embusan angin di samping ada pula faktor lain seperti pasang surut laut yang terjadi akibat adanya gaya tarik bulan dan matahari. Sebab terjadinya harga ikan yang tidak stabil, dikarenakan cuaca yang tidak menentu sehingga para nelayan susah untuk mendapatkan ikan dan menjadikan harga ikan yang tidak stabil. Sebab tidak adanya bantuan dari pemerintah dikarenakan para nelayan sepertinya belum minta bantuan kepada pemerintah agar dalam memajukan mencari ikan lebih baik dan alatnya lebih canggih lagi. Sebab masih rendahnya sumber daya manusia, karena di zaman sekarang ini manusia masih kurang dalam pengalaman ilmu pendidikan. Sehingga menyebabkan sumber daya manusia yang rendah. 

   Adapun dampak dari cuaca buruk diantaranya penjual ikan kesulitan mendapat stok ikan dari nelayan sehingga penjual pun harus keliling dan membeli ikan di pulau lain. Akibatnya harga ikan yang mereka ambil cukup tinggi dan dibandingkan dengan harga yang mereka ambil dari nelayan lokal. Adapun dampak dari mesin rusak di antaranya nelayan tidak dapat melaut untuk sementara waktu jika mesin rusak di tengah laut dapat menyebabkan nelayan tidak dapat kembali ke pesisir. Dampak ombak besar yaitu susahnya pencarian ikan karena susahnya pencarian ikan karena ombak yang sangat besar menyebabkan ikan sulit untuk didapat. Ombak besar juga menyebabkan kapal kehilangan keseimbangan bahkan bisa tenggelam. Dampak harga ikan yang tidak stabil, sehingga merugikan para nelayan yang mencari ikan. Dampak tidak adanya bantuan dari pemerintah, membuat para nelayan mencari ikan menggunakan alat tradisional yang kurang canggih untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak. Dampak dari sumber daya manusia yang masih rendah, buat para nelayan kurang paham dalam memahami cara bernelayan. 

   Solusi untuk cuaca buruk adalah sebaiknya nelayan tidak melaut sampai cuaca membaik atau mereka membudidayakan ikan di air payau atau tambak. Solusi untuk mesin rusak yaitu sebaiknya mereka menggunakan kapal lain atau mereka memperbaiki kapal tersebut. Solusi untuk ombak besar ialah mereka sebaiknya mencari ikan di laut namun tidak terlalu jauh dari Pesisir karena dapat membahayakan mereka. Solusi dari harga ikan yang tidak stabil, para nelayan sebaiknya memanfaatkan cuaca agar harga ikan menjadi stabil. Solusi tidak adanya bantuan dari pemerintah, sebaiknya para nelayan mengajukan bantuan ke pemerintah agar pemerintah memberi bantuan kepada nelayan untuk mencari ikan. Solusi dari sumber daya manusia yang masih rendah baiknya para penduduk di nelayan lebih belajar dalam masalah nelayan. 

Nama Kelompok: 
1. Auliya Nur Laddzatil Fami (06) 
2. Nurul Fitriyah                      (21) 
3. Nurul Khotimah                 (22) 
4. Saiqotin Niswah                (30) 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer